Pengaruh Teknologi Terhadap Remaja

Pengertian Teknologi

Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Image result for teknologi
Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Jika dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti;dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di belahan dunia lainnya meskipun kita berada di Indonesi. Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi,telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi memiliki dampak yang sangat signifikan bagi setiap individu masyarakat. Baik berdampak positif maupun negative.

Dampak positif penggunaan teknologi:
Dahulu kita hanya mengenal surat menyurat untuk saling memberikan informasi yang dikirim melalui kantor pos terdekat, dan biasanya jarak tempuh alamat yang di tuju mempengaruhi lamanya pesan diterima oleh si penerima. Pesan-pesan yang kita kirim melalui pos terkadang memakan waktu berhari-hari, bulanan bahkan ada yang tidak sampai.
Namun seiring berjalannya waktu, proses pengiriman pesan mulai berubah sejalan berkembangnya teknologi. Dengan dimulai adanya Pager yang dapat mengirim pesan yang sangat singkat, kemudian handphone dan e mail (electronic mail). Adanya perkembangan teknologi yang pesat sangat membantu kegiatan masyarakat dalam pengiriman pesan.
Saat ini, teknologi bukan hanya digunakan untuk bertukar pesan, namun juga dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi orang yang membacanya.
Salah satu kemajuan teknologi adalah dengan adanya kehadiran internet yang dapat kita akses dimanapun dan kapanpun kita butuhkan. Internet juga dapat membantu kita mencari informasi  dan berbagi informasi baik di sekitar kita bahkan di belahan dunia lainnya.

Dampak Negatif penggunaan teknologi:
Selain dampak positif yang dapat kita peroleh dari adanya teknologi, ternyata banyak juga dampak negative nya. Namun hal tersebut tergantung pada pengguna teknolgi itu sendiri.
Dengan mudahnya akses teknologi, banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab sengaja memasukan konten-konten yang tidak seharusnya dipublikasikan. Antara lain video-video porno, film yang tidak mendidik, tulisan-tulisan yang berbau sara dan sebagainya. Bahkan saat ini banyak media yang sengaja merubah fakta hanya untuk mencari populeritas semata.
Salah satu dampak negative yang baru saja terjadi yaitu adanya aplikasi Pokémon Go yang menurut saya tidak bermanfaat dan tidak mendidik para remaja. Aplikasi ini dapat merubah prilaku manusia ke arah negative. But, bukan hanya itu saja. Banyak aplikasi lainnya juga yang sebaiknya tidak perlu dikases oleh remaja.

Selain penjelasan diatas, beberapa dampak teknologi juga terlihat di berbagai aspek, diantaranya:

1. Bidang sosial dan budaya
    Dampaknya yang dapat kita lihat pada aspek budaya antara lain adalah :
    a. Perbedaan kepribadian pria dan wanita
    b. Meningkatnya rasa percaya diri
    c. Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan
Meskipun demikian, kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif terhadap aspek budaya yang kebanyakan akaan dianut oleh para remaja :
a. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan
    remaja dan pelajar
b. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
c. Pola interaksi antar manusia yang berubah
2. Bidang pendidikan
   Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
   a. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber  ilmu dan pusat pendidikan
  b. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran
  c. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
a. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk
b. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal
3. Terhadap manusia
    a. Pergeseran atau penggantian manusia (displacement, subtitution)
    b. Kebebasan terkekang
    c. Kepribadian terhimpi
    d. Objektifitas manusia (dehumanisasi),
Source: http://makalah13.blogspot.co.id/2011/11/makalah-pengaruh-teknologi-informasi.html

Kesimpulan

Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari. Akan tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai pekerti yang luhur. Bagaimanapun, sebagai anggota masyarakat, dan terutama sebagai orang tua, kita harus melakukan suatu tindakan representative dan preventif, agar semaksimal mungkin dapat mencegah pengaruh negatif teknologi terhadap anak-anak kita khususnya kaum remaja yang merupakan generasi emas yang akan menjadi penerus perjuangan kita membentuk bangsa yang berakhlak dan berbudaya di masa yang akan datang.




Komentar

Postingan Populer